Tidak semua Muslim itu orang Arab. Faktanya sekitar 70% Muslim tinggal di Asia, bukan di jazirah Arab. Jadi keliru menganggap Islam identik dengan Arab.

Tidak semua orang Arab itu Muslim. Ratusan ribu orang Arab memeluk Kristen sejak lama, dan mereka berada di Lebanon, Jordan, Suriah, Iraq, Palestina dan Mesir. Bahasa dan budaya mereka jelas berasal dari tradisi Arab, tapi mereka bukan orang Islam.

Tidak semua orang Arab itu keturunan Nabi Muhammad. Jangan mentang2 mereka fasih bahasa Arab terus pakai sorban dan minyak wangi arab maka kita panggil habib. Banyak marga Arab yg bukan keturunan Nabi. Jangan2 di antara mereka juga ada yg keturunan Abu Jahal.

Tidak semua Muslim Arab itu ulama. Jangan dikira mereka lancar ngomong arab, pakai sorban dan gamis serta jenggot panjang, terus dikira mereka semuanya itu ahli fiqh. Supir taxi di Arab pun pakaiannya sama dg pakaian ulama.

Tidak semua perempuan Arab pakai cadar dan jilbab. Kalau anda jalan-jalan ke Timur Tengah di luar Saudi Arabia, anda akan temui para perempuan Arab pun bermacam-macam cara pakaiannya. Di Lebanon, Mesir, Yaman, Tunisia dan Maroko misalnya, anda akan temui para perempuan yang membuka hijabnya. Bahkan Queen Rania permaisuri Jordan juga terbiasa tampil tanpa pakai jilbab.

Tidak semua orang Arab itu kelakuannya Islami. Meskipun mereka makan kurma dan pakai siwak, belum jaminan akhlak mereka terpuji. Banyak orang Arab yang juga melanggar aturan hukum syar’i. Di Mesir pun kita masih bisa nonton tari perut.

Tidak semua orang Arab itu kaya raya. Negeri seperti Mesir dan Sudan itu tergolong miskin bila dibandingkan Saudi Arabia.

Tidak semua orang Arab itu bisa baca- tulis huruf arab. Sekitar 97 juta orang Arab itu buta huruf. Bahkan termasuk askar yg tampangnya galak2 itu juga banyak yg buta huruf.

Tidak semua orang Arab itu cantik dan ganteng. Nah! 🙂 🙂

Generalisasi itu seringkali menyesatkan. Di balik pernyataan umum biasanya ada pengecualian. Di dalam pengecualian kadang ada kebenaran yang tersembunyi.

Tabik,

Nadirsyah Hosen

Notes: Tulisan lainnya seputar tema Islam dan Arab bisa dibaca di bawah ini:

1. Benarkah orang Arab lebih utama dalam Islam? https://nadirhosen.net/tsaqofah/tarikh/kajian-hadits-benarkah-orang-arab-lebih-utama-dalam-islam? 

2. Intrik Politik di Kerajaan Arab Saudi: https://nadirhosen.net/kehidupan/internasional/intrik-politik-di-kerajaan-arab-saudi?

3. Islam Nusantara itu tidak anti Arab https://nadirhosen.net/kehidupan/ummat/islam-nusantara-itu-tidak-anti-arab

4. Orang Arab kok Belajar Islam ke Australia https://nadirhosen.net/kehidupan/internasional/121-orang-arab-kok-belajar-islam-ke-australia

5. Raja Saudi Belajar dari Indonesia https://nadirhosen.net/berita/raja-saudi-belajar-dari-indonesia

6. Tidak Kenal (Keluarga) Nabi https://nadirhosen.net/kehidupan/internasional/8-tidak-kenal-keluarga-nabi

7. Muna AbuSulayman: Suara Lain dari Saudi https://nadirhosen.net/tsaqofah/wanita/193-muna-abusulayman-suara-lain-dari-saudi

8. Queen dan Princess di Timur Tengah https://nadirhosen.net/tsaqofah/wanita/105-queen-dan-princess-di-timur-tengah

Tidak Ada Komentar
Berikan komentar Batal
Comments to: Tidak Semua

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Login


Khazanah GNH

Komunitas Santri Gus Nadirsyah Hosen

Global Nalar Hakekat
Kompleksitas persoalan kehidupan di abad modern ini meniscayakan terbentuknya sebuah komunitas, dimana anggota dari berbagai latarbelakang agama dan budaya, bisa saling belajar layaknya para santri, di sebuah rumah virtual bersama: Khazanah GNH

Khazanah GNH
Komunitas santri yang berwawasan global, mengindentifikasi beragam persoalan dan isu-isu aktual, dengan mengembangkan nalar yang sehat, bukan atas dasar keberpihakan politik sesaat, tapi melalui diskusi (kajian dan ngaji) akan hakikat kemanusiaan dan kehidupan. Dengan cara ini peradaban manusia yang tercabik-cabik dirajut kembali dengan keluhuran budi dan qalbu guna menebar rahmat dan kasih sayang pada semesta.”

Sudah terdaftar?