Gus Nadir

Mengkaji ISLAM Kontekstual bersama

Gus Nadir

Islam Enjoy Logo
Internasional

Tidak Kenal (Keluarga) Nabi

Di youtube beredar video yg menunjukkan betapa bodohnya orang-orang Amerika di jalanan ketika ditanya mengenai pengetahuan umum. Bahkan banyak yang tidak tahu ibu kota Amerika. Tentu saja kita akan temukan juga video yang mengungkap betapa bodohnya orang Australia yang tidak bisa menjawab berbagai pertanyaan soal negaranya sendiri. Mungkin ada video sejenis yang mengungkap soal negara lainnya.

Video di bawah ini bertanya hal yang sangat mendasar, yaitu silsilah Nabi Muhammad. Pertanyaan diajukan di jalanan di Mesir oleh stasiun Itfarrag. Hasilnya mengejutkan…tidak semua orang Mesir bisa menyebutkan nama bapak dan kakek Nabi Muhammad. Satu bukti lagi bahwa tidak semua orang yang lancar berbhasa Arab itu paham ttg ajaran islam. Di bagian akhir video malah bikin senyum karena anak muda yang sudah tidak bisa jawab dengan benar tapi terus ngotot berputar-putar jawabnya hehehe

Bagaimana kira-kira kalau eksperimen serupa ditanyakan di jalanan di tanah air yah? Sudah adakah yang melakukannya? Apakah hasilnya lebih gawat lagi?

Semoga kita lebih mengenal sosok Nabi Muhammad ketimbang artis Hollywood, Bollywood atau bahkan Korea 🙂

Nadirsyah Hosen

Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand dan Dosen Senior Monash Law School. Juga Pengasuh PonPes Ma'had Aly Raudhatul Muhibbin, Caringin Bogor pimpinan DR KH M Luqman Hakim.