Ini ada yang mau membantah saya tapi sayang tidak pas bantahannya.

Mohon jangan berdusta yah. Ini saya kutipkan teks aslinya dari muqaddimah kitab Tarikh al-Khulafa Imam Suyuthi.

فصل: في مدة الخلافة في الإسلام قال الإمام أحمد: حدثنا بهزّ حدثنا حماد بن سلمة حدثنا سعيد بن جمهان عن سفينة قال: سمعت رسول الله -صلى الله عليه وسلم- يقول: “الخلافة ثلاثون عامًا، ثم يكون بعد ذلك الملك”. أخرجه أصحاب السنن، وصححه ابن حبان وغيره. قال العلماء: لم يكن في الثلاثين بعده صلى الله عليه وسلم إلا الخلفاء الأربعة وأيام الحسن.

Setelah mengutip hadits mengenai masa khilafah itu hanya 30 tahun, Imam al-Suyuthi menulis, “berkata ulama masa 30 tahun setelah Nabi itu adalah masa khalifah 4 dan al-Hasan.”

Jadi, cukup sampai di situ keterangan Imam Suyuthi menjelaskan masa 30 tahun Khilafah itu.

Adapun yang antum kutip mengenai masa kejayaan khilafah, dengan mengutip Ibn Hajar itu bukan saat Imam Suyuthi menjelaskan Hadits khilafah 30 tahun, tetapi Hadits lain, yaitu Hadits 12 orang khalifah.

Ini kutipannya:

‎قال القاضي عياض: لعل المراد بالاثني عشر في هذه الأحاديث وما شابهها أنهم يكونون في مدة عزة الخلافة، وقوة الإسلام، واستقامة أموره، والاجتماع على من يقوم بالخلافة، وقد وجد هذا فيمن اجتمع عليه الناس إلى أن اضطرب أمر بني أمية ووقعت بينهم الفتنة زمن الوليد بن يزيد، فاتصلت بينهم إلى أن قامت الدولة العباسية، فاستأصلوا أمرهم.

Penjelasan Qadhi Iyadh soal Hadits 12 khalifah ini diperkuat oleh Ibn Hajar, sebagaimana dikutip oleh Imam Suyuthi di bawah ini:

‎قال شيخ الإسلام ابن حجر في شرح البخاري: كلام القاضي عياض أحسن ما قيل في الحديث وأرجحه؛ لتأييده بقوله في بعض طرق الحديث الصحيحة: “كلهم يجتمع عليه الناس”،

Kesimpulan:

Ada yang berusaha membantah saya dengan memelintir keterangan Imam Suyuthi soal Hadits bahwa Khilafah hanya berlangsung selama 30 tahun. Cara memelintirnya adalah dengan mengutip penjelasan Hadits yg berbeda. Masak keterangan Hadits 12 Khalifah dipakai menjelaskan Hadits khilafah hanya 30 tahun. Terus pakai dibumbui ini keterangan ulama salaf. Ampuun dehhh.

Kenapa harus tidak jujur sih? Apalagi pakai label telah membantah dosen Australia, sepertinya bangga sekali kalau bisa membantah saya, meski dengan memelintir keterangan di kitab aslinya hehehhe

Imam Suyuthi mengutip pendapat ulama bahwa masa kekhilafahan 30 tahun berakhir pada masa khalifah 4 plus Sayyidina Hasan. Udah, gitu aja 😀

Tabik,

Nadirsyah Hosen

Reaksi visitor pada artikel ini.
Tampilkan komentar Sembunyikan komentar
Comments to: Imam Suyuthi dan Khilafah hanya 30 tahun
  • 16 Oktober 2017

    Terimakasih Gus atas penjelasannya. Kira-kira berhasil ndak ya gus sistem khilafah nanti jika diterapkan di Indonesia?

    Reply
  • 3 April 2019

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ngapunten Gus, izin bertanya. Sudah jelas di nash bahwa khilafah hanya 30 tahun pada masa Khulafaur Rasyidin yang empat dan sayyidina Hasan bin Ali. Tapi kenapa kelompok HTI masih bersikukuh ingin menegakkan khilafah dan sangat berkeyakinan bahwa khilafah akan kembali? Benarkah khilafah akan tegak kembali suatu saat Gus?
    Matur nuwun Gus.

    Reply
Write a response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Login


Khazanah GNH

Komunitas Santri Gus Nadirsyah Hosen

Global Nalar Hakekat
Kompleksitas persoalan kehidupan di abad modern ini meniscayakan terbentuknya sebuah komunitas, dimana anggota dari berbagai latarbelakang agama dan budaya, bisa saling belajar layaknya para santri, di sebuah rumah virtual bersama: Khazanah GNH

Khazanah GNH
Komunitas santri yang berwawasan global, mengindentifikasi beragam persoalan dan isu-isu aktual, dengan mengembangkan nalar yang sehat, bukan atas dasar keberpihakan politik sesaat, tapi melalui diskusi (kajian dan ngaji) akan hakikat kemanusiaan dan kehidupan. Dengan cara ini peradaban manusia yang tercabik-cabik dirajut kembali dengan keluhuran budi dan qalbu guna menebar rahmat dan kasih sayang pada semesta.”

Sudah terdaftar?