Sebuah penelitian menarik dilakukan oleh PEW Research Centre yang dilaporkan sekitar 2 minggu lalu. Asumsi kita selama ini bahwa lelaki mendominasi ranah keberagamaan. Misalnya, di Katolik perempuan tidak bisa menjadi Paus, dan dalam Islam perempuan ditempatkan di area belakang masjid –dan akan di-fentung kalau berani jadi Imam atau khatib 🙂 

Namun data mengejutkan dari 54 negara bahwa ternyata perempuan Kristen lebih religius ketimbang lelaki Kristen. 61% perempuan Kristen berdoa setiap hari dan hanya 51% pria Kristen yang berdoa setiap hari.

Dari 40 negara yang diteliti, perempuan Islam ternyata hampir sama religiusnya dengan pria Islam. Tidak berbeda jauh data yang ada: 72% vs 71%.

Terhadap pertanyaan apakah agama dianggap penting dalam kehidupan mereka, sekali lagi data menunjukkan 76% baik Muslim mapun Muslimah sama-sama menjawab; “Iya”. Artinya perempuan dan lelaki dalam Islam sama-sama religius. Perempuan tidak berada di bawah lelaki dalam urusan ibadah.

(Sumber: CNS photo/Jim Bourg, Reuters)

Ini berbeda dengan perempuan Kristen yang 68% menjawab “Iya”, sementara hanya 61% lelaki kristen yang menjawab hal yang sama. Artinya, perempuan Kristen bahkan lebih religius ketimbang pria Kristen. Menarik, bukan?

Terhadap pertanyaan seberapa sering mereka ke rumah ibadah, maka 53% perempuan Kristen pergi ke gereja, sedangkan hanya 46% lelaki Kristen yang melakukannya. Bagaimana dengan komunitas Islam? Kali ini Muslimah hanya 42% yang menjawab pergi ke masjid, dibandingkan 70% lelaki Islam. Perbedaan ini terjadi karena hanya lelaki yang diwajibkan shalat Jum’at di masjid, dan juga perempuan lebih disarankan shalat 5 waktu di rumah ketimbang di masjid.

Di agama lain, perempuan juga lebih religius ketimbang lelaki: Buddhists (54%) and Jews (52%).

Bagaimana kita membaca data di atas? Buat saya simpel saja: apapun agamanya, jadi cowok jangan belagu deh…jangan merasa lebih alim dibanding cewek! 🙂

Tabik,

Nadirsyah Hosen

Contributor
Tidak Ada Komentar
Berikan komentar Batal
Comments to: Apakah Lelaki Lebih Religius Dibanding Perempuan?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Login


Khazanah GNH

Komunitas Santri Gus Nadirsyah Hosen

Global Nalar Hakekat
Kompleksitas persoalan kehidupan di abad modern ini meniscayakan terbentuknya sebuah komunitas, dimana anggota dari berbagai latarbelakang agama dan budaya, bisa saling belajar layaknya para santri, di sebuah rumah virtual bersama: Khazanah GNH

Khazanah GNH
Komunitas santri yang berwawasan global, mengindentifikasi beragam persoalan dan isu-isu aktual, dengan mengembangkan nalar yang sehat, bukan atas dasar keberpihakan politik sesaat, tapi melalui diskusi (kajian dan ngaji) akan hakikat kemanusiaan dan kehidupan. Dengan cara ini peradaban manusia yang tercabik-cabik dirajut kembali dengan keluhuran budi dan qalbu guna menebar rahmat dan kasih sayang pada semesta.”

Sudah terdaftar?