Gus Nadir

Mengkaji ISLAM Kontekstual bersama

Gus Nadir

Islam Enjoy Logo
Tafsir

Bencana Alam sebagai Azab Allah?

Setiap ada musibah, selalu saja ada yg mengaitkannya dengan azab Allah. Kalau itu semata hanya untuk introspeksi diri, tentu boleh-boleh saja. Tapi celakanya narasi itu justru dipolitisir untuk menyerang pemerintah. Seolah bencana alam itu bukti pemerintah kita ini thogut; seolah pemerintah zalim terhadap umat Islam, bahkan menganggap korban sebagai pelaku maksiat.

Mari kita lihat fakta sejarah tentang bencana dan musibah di masa Khilafah, biar kita lebih bijak menyikapi fenomena alam.

Pada masa Khalifah al-Mu’tadhid ada musibah bencana alam. Terjadi gempa bumi dengan korban 150 puluh ribu penduduk. Imam Suyuthi juga menceritakan bahwa terjadi banjir besar sehingga air bersih susah didapat. Banyak yang kelaparan dan karena darurat terpaksa memakan bangkai binatang.

Gempa bumi, angin puyuh, petir menyambar dan hujan batu es serta longsor adalah berbagai bencana alam yang dialami umat pada masa Khalifah al-Mutawakkil seperti dicatat oleh Imam Suyuthi dan Imam
Thabari dengan detil. Puluhan ribu orang wafat dan berhari-hari tidak bisa keluar rumah.

Pada masa Khalifah an-Nashir Lidinillah, tahun 596 H, Imam Suyuthi mencatat peristiwa yang tragis di Mesir, yaitu keringnya Sungai Nil. Akibatnya terjadi kelaparan yang sangat dahsyat dimana para penduduk Mesir sampai memakan bangkai binatang dan bangkai manusia.

Bahkan lebih tragis lagi dikabarkan orang Mesir benar-benar dalam kondisi terburuk hingga mereka membongkar kuburan dan memakai bangkai untuk bertahan hidup. Menurut Adz-Dzahabi, sebagaimana dikutip oleh Imam Suyuthi, kondisi memilukan ini berlangsung dua tahun hingga tahun 598 H.

Jadi peristiwa bencana alam dan musibah itu juga terjadi pada masa khilafah. Jangan dianggap seolah apa yg terjadi di NKRI ini semata sebagai azab dari Allah, apalagi mengaitkannya dengan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Bahayanya menganggap bencana alam ssebagai azab adalah kita tidak bersiap untuk meminimalisir dampaknya. Karena dianggap azab maka semakin banyak korban akan semakin “baik”. Menunjukkan betapa powerfulnya murka Tuhan. Para korban juga dianggap orang yang terkena azab. Ini jahatttt mas bro!

Bencana alam harus diantisipasi, penduduk diberi edukasi apa yang harus dilakukan agar tidak banyak korban yg jatuh. Proses rekonstruksi dan rehabilitasi juga harus dimulai. Kalau itu dianggap azab, kita malah akan membiarkan banyak korban dan diam-diam nyukurin mereka. Kita merasa lebih alim dan suci dari mereka. Ini jebakan syetan!

Maka berhentilah nyomot ayat sembarangan hanya untuk memuaskan nafsumu untuk melihat datangnya azab Allah. Padahal ampunan Allah lebih besar dari murkaNya. Pasti ada hikmah dibalik musibah. Jangan kau anggap azab, lantas otakmu berhenti berpikir untuk mengantisipasi bencana alam.

Musibah itu untuk introspeksi kita bukan untuk menuding orang lain. Jangan sampai orang lain kena musibah kau bilang itu azab, tapi pas kau dan sodaramu yang kena kau bilang itu ujian. Double standard tauuuu.

Paling parah itu mereka yang memanfaatkan musibah dan bencana alam yang menimpa saudara-saudara kita untuk kepentingan pilpres semata. Bencanapun kau politisir. Itu parah, Fergusso!

Tabik,

Nadirsyah Hosen

Nadirsyah Hosen

Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand dan Dosen Senior Monash Law School. Juga Pengasuh PonPes Ma'had Aly Raudhatul Muhibbin, Caringin Bogor pimpinan DR KH M Luqman Hakim.

This Article Has 9 Comments
  1. Ahmad Syahbuddin Reply

    Terimakasih pencerahannya gus, semoga terus sehat gus.

  2. fatur Reply

    gmn penjelasan ayat alquran yg menyatakan “tdklah musibah terjadi kecuali ulah tangan manusia sendiri”.
    ?
    Allah maha mengetahui sgl perbuatanNYA. Boleh jd hikmah dr musibah itu sbg azab bg pelaku maksiat dan ujian bagi kaum muslimin.

  3. Fathur Reply

    Izin share gus

  4. Aslam Kalyubi Reply

    Matur nuwun Gus Nadir, sangat bermanfaat situs keislaman ini, bagi yg perlu kejelasan dari sekian banyak gempuran medsos yg dimanipulasi utk kepentingan politik.

  5. Helena Dewi Justicia Reply

    Gus, soal bencana & azab ini, apakah ada persoalan teologis? Jika ya, tentu perlu dicarikan kontra-teologi.

    Saya seorang Katolik. Dalam Kitab Kejadian, ada teologi penciptaan ketika Tuhan menyerahkan dunia untuk dikuasai manusia. Namun keserakahan manusia membuat alam menjadi rusak. Yang dikedepankan kemudian adalah teologi penebusan; manusia diajak untuk menebus dosa-dosanya dengan memperbaiki alam.

    Dalam hal bencana, di Kristen/Katolik ada teologi bencana dan teologi penderitaan. Terima kasih, ya..

  6. Helena Dewi Justicia Reply

    Untuk memperjelas maksud saya tentang teologi, ini adalah satu contoh tulisan tentang teologi untuk persoalan homoseksualitas:
    http://helenadjusticia.blogspot.com/2015/07/seberkas-pelangi-dan-janji-yang_21.html?m=1

  7. Ahmad rifai Reply

    Maaf, gus, saya kan pernah berbincang santai dgn teman2 yg berfaham khilafah itu ya, nah kata mereka, khilafah yg diinginkan itu khilafah seperti di masa empat sahabat pertama itu, jd mereka juga menganggap khilafah setelah itu tidak seperti empat yg pertama dan bukan itu yg diinginkan sebagai contoh khilafahnya. Khilafah setelah empat itu, kata mereka, juga seperti pemerintahan sekarang, ada yg rajanya zalim, pembunuhan hanya untuk berkuasa dan laen-laen.
    Apakah betul bgtu, gus?

  8. Ahmad rifai Reply

    Maaf, gus, sya prnah brbincang sntai dgn teman2 yg berfaham khilafah ya, kata mereka kekhilafahan yg jd contoh adalah sprti di masa empat sahabat yg pertama itu, karena mereka juga menganggap kekhilahan setelah mereka sama dgn pemerintahan skrng, rajanya yg zalim, yg suka mabuk2an, membunuh hanya untuk merebut kekuasan dan laen2. Apakah betul bgtu gus?

  9. Galih Anzani Reply

    emang bencana datang bertubi-tubi prof… katanya sih karena pemimpin yang zholim.
    era Jokowi terjadi tanah longsor, gempa bumi dan tsunami. era SBY juga tsunami malah lebih parah, era Gus Dur juga terjadi bencana yang lebih parah dari bencana alam yaitu konflik saudara sebangsa.

    Nah busyeeet, kalau gitu pemimpin indonesia zholim semua yak…. wkwkwk

    Jangan-jangan nih Gus Prof, Kanjeng Rasul juga mereka anggap zholim karena di eranya banyak konflik (perang) dan kelaparan. nauzubillah…….

    Ini keren Gus….. “Kalau itu semata hanya untuk introspeksi diri, tentu boleh-boleh saja. Tapi celakanya narasi itu justru dipolitisir untuk menyerang pemerintah.” Dan karena mereka anggap bencana alam sebagai azab, maka “Para korban juga dianggap orang yang terkena azab. Ini jahatttt mas bro!”

    Sehat selalu Kyai Prof Nadir. Jazakumullah Khairan Ahsanal Jaza.
    Di tunggu ya diskusi onlinenya….hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.