Antara bilikku dan kamarmu

Hari Minggu lalu saya mengisi pengajian tafsir di majelis khataman quran yang diselenggarakan oleh pengajian doa dan dzikir (DDM) Melbourne. Saya membahas mengenai surat al-hujurat. Begitu pentingnya kandungan surat ini yang mengatur etika kita berinteraksi dg pihak lain, agar kita tidak melampaui batas ruang privat (yg disimbolkan dg bilik/kamar sbg makna al-hujurat).

Etika pergaulan yang telah ditetapkan al-Quran itu: kita harus verifikasi berita jelek ttg saudara kita jangan malah ikut2an menyebarkan fitnah, kita jangan banyak berprasangka, jangan mengolok-ngolok kaum atau wanita lain karena boleh jadi mereka lebih mulia dibanding kita, jangan mencari-cari kesalahan orang lain, jangan suka menggunjing, dst

Di era media sosial ini rasanya setiap diri harus kembali membaca surat al-Hujurat tsb. Rekaman pengajian tafsir, yg seperti biasa disampaikan dg santai dan penuh guyon, bisa disimak disini.

Tabik,

Contributor
Reaksi visitor pada artikel ini.
Tampilkan komentar Sembunyikan komentar
Comments to: Surat Al-Hujurat
  • 7 Desember 2016

    Bagus

    Reply
Write a response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Login


Khazanah GNH

Komunitas Santri Gus Nadirsyah Hosen

Global Nalar Hakekat
Kompleksitas persoalan kehidupan di abad modern ini meniscayakan terbentuknya sebuah komunitas, dimana anggota dari berbagai latarbelakang agama dan budaya, bisa saling belajar layaknya para santri, di sebuah rumah virtual bersama: Khazanah GNH

Khazanah GNH
Komunitas santri yang berwawasan global, mengindentifikasi beragam persoalan dan isu-isu aktual, dengan mengembangkan nalar yang sehat, bukan atas dasar keberpihakan politik sesaat, tapi melalui diskusi (kajian dan ngaji) akan hakikat kemanusiaan dan kehidupan. Dengan cara ini peradaban manusia yang tercabik-cabik dirajut kembali dengan keluhuran budi dan qalbu guna menebar rahmat dan kasih sayang pada semesta.”

Sudah terdaftar?