Gus Nadir

Mengkaji ISLAM Kontekstual bersama

Gus Nadir

Islam Enjoy Logo
Santai

Anda bertanya, Nadir menjawab (1)

Gus, apakah umat Islam sdg terkepung? | Iya terkepung oleh perasaan kita sendiri yg kalah scr politik-ekonomi

Gus, mengapa non-Muslim sering melecehkan agama kita? | Karena prilaku kita pun sudah melecehkan nilai etis yg diajarkan Rasul

Gus, apa benar ulama kita sedang dikriminalisasi? | Rasul blg: kalau anakku mencuri pun aku potong tangannya. Ulama tdk kebal hukum

Gus, tapi mengapa mrk menghina umat Islam? | Tidak ada kata-kata hinaan yg ngefek kecuali kita sendiri yg mengijinkannya masuk ke hati kita

Gus, boleh gak kita balas saja penghinaan mereka? | Lha terus kalau gitu apa bedanya kita dengan mereka dong?

Gus, kenapa kita harus sabar dg mrk yg membully kita? | Sabar itu bukan kelemahan tapi sebuah kekuatan. Orang sabar itu jenius.

Gus, apa benar PKI sudah bangkit lagi? | Komunis sdh tumbang dan gak laku lagi, apalagi PKI. Mosok takut sama hantu komunis.

Gus, bagaimana kalau kita tegakkan Khilafah? | Khilafah sdh bubar sejak 1924, skr kita punya NKRI. Mosok mau dibubarin lagi

Gus, bukannya memilih imam shalat saja harus seiman, apalagi milih Gubernur? | Tugas Gubernur bukan jd imam shalat tapi pelayan rakyat. Mikirrr

Gus, pilkada ini gimana? | Sik..sik..ini sdh masa tenang, gak usah bahas itu lagi, biar pada jernih memilih

Gus, knp non-Muslim jd pengusaha & penguasa diprotes? | Mrk yg kerdil selalu protes atas keberhasilan org lain, bukan belajar utk lebih hebat

Gus, kenapa byk yg percaya berita hoax? | Naluri kita itu percaya dg berita yg INGIN kita percayai, meskipun hoax. Mari kontrol diri

Gus, kenapa umat Islam kok sensi dan sumbu pendek yah? | Yang panjang akal dan hatinya lapang gak akan mudah ngamukan

Gus, sudah ngopi belum? | Lha sampeyan sih nanya yg susah2 terus dari tadi, kopiku jadi dingin deh

Tabik,

Nadirsyah Hosen
Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia – New Zealand dan Dosen Senior Monash Law School

Nadirsyah Hosen

Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand dan Dosen Senior Monash Law School. Juga Pengasuh PonPes Ma'had Aly Raudhatul Muhibbin, Caringin Bogor pimpinan DR KH M Luqman Hakim.

This Article Has 1 Comment
  1. Ivan Reply

    Assalamualaikum, Gus. Request dong Gus, mbahas ttg riba & ekonomi syariah. Bagaimana hukumnya orang2 islam yg kerja di perbankan konvensional. Matur nuwun, Gus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *