Gus Nadir

Mengkaji ISLAM Kontekstual bersama

Gus Nadir

Islam Enjoy Logo
Berita

Khalifah Ar-Radhi Billah: Awal Kehancuran Dinasti Abbasiyah

Pada masa Khalifah ke-20 Abbasiyah ar-Radhi Billah ada 2 dinasti lain yg mengklaim posisi Khalifah yaitu Fatimiyah di Afrika Utara dan Umayyah di Cordoba.

Artinya, saat itu umat Islam memiliki tiga khalifah yang berbeda: Baghdad, Spanyol, dan Afrika Utara.

Jadi, kalau sekarang umat Islam terpecah dalam berbagai negara-bangsa, ya gak masalah, kan? Lha, wong pada masa khilafah dulu saja ada beberapa pemimpin yang menguasai wilayah yang berbeda? Paham ora, son?

Bahkan sekitar empat tahun di masa Khalifah ar-Radhi jamaah tidak bisa berangkat haji karena Mekkah tidak lagi dikuasai sepenuhnya oleh Khalifah Abbasiyah di Baghdad. Hajar Aswad pun masih belum kembali ke tempatnya semula di Ka’bah karena dicuri pemberontak seperti pernah saya ceritakan dalam tulisan lalu.

Jadi, kalau sekarang ada yang berargumen bahwa kita membutuhkan khilafah untuk menolong umat Islam di Palestina, Suriah, dan Yaman, mereka lupa bahwa di masa khalifah jaman old sempat terjadi kehilangan Hajar Aswad dan jamaah tidak bisa naik haji karena jalur yang tidak aman. Barulah pemberontak Qaramithah membolehkan jamaah naik haji setelah meminta jamaah membayar uang cukai masing-masing sebanyak lima dinar. Inilai pungutan pertama bagi jamaah haji.

Inilah Khalifah terakhir Abbasiyah yg punya kuasa, selepasnya Khalifah hanya simbol belaka.

Simak yuk selengkapnya di:

Tabik,

Nadirsyah Hosen

Ps.

Insya Allah minggu depan buku “Islam Yes, Khilafah No!” akan terbit di Jogja.

Bulan Juni 2018, buku Law & Religion akan terbit di Italia.

Bulan September 2018, buku Islamic Law akan terbit di Inggris.

Barokah doa dari para Kiai dan Masyayikh 🙏😍

Nadirsyah Hosen

Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand dan Dosen Senior Monash Law School. Juga Pengasuh PonPes Ma'had Aly Raudhatul Muhibbin, Caringin Bogor pimpinan DR KH M Luqman Hakim.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *