You are here:

Apa yang Kamu Baca Saat Ruku’, Sujud dan Salam?

Apa yang kamu baca saat ruku’, sujud dan salam?

Ada sebagian kawan yang begitu rigidnya memahami ibadah. Pokoknya semuanya harus sesuai dengan apa yang Nabi Muhammad contohkan, dan kita harus konsisten mengikuti ajaran Rasulullah SAW. Baginya, hanya ada satu kebenaran, yaitu yang sesuai dengan contoh dari Nabi.

Saya tanya: “apa yang harus kita baca di saat kita ruku’ dan sujud dalam sholat?”

Sebelum dia menjawab, saya sodorkan perbedaan bacaan yang dilakukan oleh Nabi:

Hadis pertama menceritakan bahwa Nabi membaca, “Subhana Rabbiyal A’zim” ketika ruku’ dan “Subhana Rabbiyal A’la” ketika sujud. Hadis ini diriwayatkan oleh Huzaifah (Sunan al-Nasa’i, Hadis Nomor 1.036). Akan tetapi Siti Aisyah (radhiyallahu ‘anha) meriwayatkan hadis lain (Shahih Muslim, Hadis Nomor [HN} 752, Sunan Abi Dawud, HN: 738, Sunan al-Nasa’i, HN 1.038). Dalam hadis ini, diriwayatkan bahwa Rasul membaca “Subbuhun quddussun rabul malaikati war ruh” baik ketika ruku’ maupun ketika sujud. Yang menarik, ternyata Aisyah meriwayatkan pula bahwa Rasul membaca teks lain, “Subhanaka Allahumma Rabbana wa bihamdika Allahummafighrli” (Shaihih Bukhari, HN 752 dan 3.955).

Kawan tersebut mulai kebingungan.

Yang mana yang sesuai dg sunnah Nabi dan yang mana yang bid’ah? Beranikah kita bilang Huzaifah berbohong? Beranikah kita bilang bahwa Siti Aisyah, isteri Nabi, lupa teks mana yang sebenarnya dibaca Nabi? Bagaimana mungkin dari satu perawi (Aisyah) terdapat dua teks yang berbeda?

Lantas dimana konsistensi bacaan Nabi?

Contoh berikutnya, ada Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud bahwa ketika Nabi mengakhiri sholat dengan menoleh ke kanan beliau membaca, “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh” dan ketika menoleh ke kiri membaca salam “assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi” (tanpa “wa barakatuh”). Lihat Sunan Abi Dawud, HN 846.

Hadis lain meriwayatkan bahwa baik ke kanan maupun ke kiri, Nabi menolehkan mukanya sambil membaca salam “tanpa wa barakatuh” [Sunan al-Tirmizi, HN 272; Musnad Ahmad, HN: 3.516, 3.549, 3.656, 3.694, 3.775, 3.849, 3.958, 4.020, dan 4.055; Sunan al-Nasa’i, HN: 1.302, 1.130, 1.303, 1.305, 1.307 dan 1.308].

Yang mengejutkan, Sunan Abi Dawud [HN: 845] juga meriwayatkan “tanpa wa barakatuh“, padahal pada Hadis Nomor [HN} 846 dia meriwayatkan dengan “wa barakatuh“. Sekali lagi, yang mana yang benar? Kenapa pula Abu Dawud mencatat dua hadis berbeda ini dalam kitabnya? Yang mana yang bid’ah dan yang mana yang sunnah. Mungkinkah kebenaran itu tidak satu tetapi berwajah banyak? Mungkinkah yang kita anggap bid’ah selama ini ternyata juga dipraktekkan Nabi?

Perdebatan akan status hadis-hadis di atas memicu pertanyaan: kenapa Nabi tidak konsisten hanya membaca satu bacaan saja saat ruku’, sujud dan salam? Apa mungkin semua bacaan itu benar? Kalau iya, apa berarti kebenaran itu tidak cuma satu tapi beraneka ragam?

Kalau hanya sekedar melihat perbuatannya tanpa memahami maksud dan tujuannya, maka beginilah jadinya…

Alkisah ada seseorang yang ingin belajar tentang kebijaksanaan hidup dari Nasrudin. Nasrudin bersedia, dengan catatan bahwa kebijaksanaan hanya bisa dipelajari dengan praktek. Orang itu pun bersedia menemani Nasrudin dan melihat perilakunya. Malam itu Nasrudin menggosok kayu membuat api. Api kecil itu ditiup-tiupnya. “Mengapa api itu kau tiup?” tanya orang itu. “Agar lebih panas dan lebih besar apinya,” jawab Nasrudin.

Setelah api besar, Nasrudin memasak sop. Sop menjadi panas. Nasrudin menuangkannya ke dalam dua mangkok. Ia mengambil mangkoknya, kemudian meniup-niup sopnya. “Mengapa sop itu kau tiup?” tanya orang itu lagi. “Agar lebih dingin dan enak dimakan,” jawab Nasrudin. “Ah, aku rasa aku tidak jadi belajar darimu,” ketus orang itu sambil berjalan keluar rumah, “Engkau tidak bisa konsisten dengan pengetahuanmu.”

Ah, konsistensi 😛

Mungkin sudah waktunya kita mengurangi perdebatan teknis beribadah dan mulai merenungi bagaimana shalat kita lewat gerakan dan bacaan ruku’, sujud dan salam bisa melesat mi’raj ke sisi-Nya. Konsistensi itu bukan semata pada gerakan dan bacaan tapi pada tujuan kita beribadah.

ilahi‬ anta maqsudi ‎wa‬ ridhaka matlubi

Tabik,

Nadirsyah Hosen


Tambahan keterangan atas pertanyaan:

Pada tulisan di atas saya memang hanya membahas dari beragam riwayat hadis, kalau ditanya soal mazhab fiqh dalam soal ini, jadi panjang lagi nanti bahasannya. Ini saya ringkaskan saja dari kitabBidayatul Mujtahid yah:

 

[aswaja_arabic display=”block”]واختلفوا : هل في الركوع والسجود قول محدود يقوله المصلي أم لا ؟ فقال مالك : ليس في ذلك قول محدود . ، وذهب الشافعي ، وأبو حنيفة ، وأحمد ، وجماعة غيرهم إلى أن المصلي يقول في ركوعه : ( سبحان ربي العظيم ) ثلاثا ، وفي السجود ( سبحان ربي الأعلى ) ثلاثا على ما جاء في حديث عقبة بن عامر[/aswaja_arabic]

Para ulama berbeda pendapat apakah yang dibaca oleh orang yang shalat dalam ruju’ dan sujud itu ada bacaan tertentu atau tidak. Menurut Imam Malik, tidak ada bacaan tertentu [yang disyariatkan] dalam ruku’ dan sujud. Menurut Imam Syafi’i, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad dan ulama lainnya, dalam ruku’ orang yang shalat membaca subhana rabbiyal azhim 3x dan dalam sujud membaca subhana rabbiyal a’la juga 3x, berdasarkan keterangan dalam hadis riwayat Uqbah bin Amir.

Demikian kutipan dari kitab Bidayatul Mujtahid.

Selanjutnya, kalau kita teruskan membaca kitab ini maka kita dapati pula perdebatan ulama mengenai masalah: benarkah dilarang membaca al-Qur’an saat ruku’ dan sujud? Bolehkah berdoa saat ruku’? Bolehkan berdoa dalam shalat dengan menggunakan selain lafaz al-Qur’an? Silahkan dirujuk ke kitab Bidayatul Mujtahid untuk mendalami lebih jauh masalah ini.